Kontribusi Mahasiswa FK di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Kontribusi Mahasiswa FK di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Kontribusi Mahasiswa FK di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

KOMPAS.com – Para mahasiswa Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia telah memberikan kontribusinya sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia tahun 2020 silam.

Hal ini disampaikan Perwakilan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia Muhammad Arif Djimbula dalam acara Anak Muda Belajar Ambil Peran di Masa Pandemi Covid-19 yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi secara virtual, Kamis (12/8/2021).

Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia sendiri merupakan wadah yang menghimpun 89 Fakultas Kedokteran (FK) dari 91 FK yang ada di seluruh Indonesia.

Berikan informasi dan edukasi

Arif menerangkan, mahasiswa FK di Indonesia mencoba mengambil langkah strategis yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19 dengan dukungan dari Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek.

“Dalam waktu tiga hari, kami berhasil mengumpulkan 15.000 relawan terdaftar, aktif dan bisa hubungi dan kelola sesuai dengan daerah masing-masing. Di awal pandemi Covid-19, kami sudah bisa memberikan peran dalam komunikasi, informasi dan edukasi,” terang Arif.

Arif mengungkapkan, kontribusi lain yang diberikan mahasiswa FK dengan menggerakkan 1.000 mahasiswa coas. Para coas memberikan kontribusi langsung secara online dengan berkomunikasi langsung perorangan melalui WhatsApp.

Arif tak menampik, di awal pandemi Covid-19, musuhnya bukan hanya virus corona tapi juga keberadaan berita hoaks.

“Musuhnya bukan hanya Covid-19 tapi juga berita hoaks. Ada beberapa program salah satunya Hoaks Buster yang menangkal isu hoaks dengan memberikan sumber ilmiah yang sumbernya jelas dan dapat dipertangungjawabkan,” ungkap Arif.

KKN Tematik

Mahasiswa FK, lanjut Arif, mencoba mengedukasi masyarakat dengan adanya berita hoaks ini.

Selain itu, mahasiswa FK juga memberikan kontribusi lain dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Melalui program KKN Tematik, banyak melibatkan mahasiswa dan masyarakat.

Bahkan masyarakat juga menyambut baik kegiatan tersebut.

“Melalui program ini, bukan hanya disambut baik Kementerian Kesehatan tapi juga masyarakat,” tandas Arif.

Arif menambahkan, para mahasiswa FK juga mengadakan program 31 hari siap adaptasi.

Saat jumlah kasus positif Covid-19 turun beberapa waktu lalu, para mahasiswa FK memberikan edukasi di tempat umum.

“Kami mencoba edukasi secara langsung di tempat peribadan dan tempat umum lainnya,” imbuh Arif. Mahasiswa tidak hanya bisa ‘protes’

Di tahun 2021, pihaknya bermitra dengan Kemendikbud Ristek mengerahkan mahasiswa FK untuk terlibat dalam melakukan kontak tracing di seluruh kabupetan kota sesuai kebutuhan yang dipetakan Kemenkes.

“Ada 900 relawan juga yang berperan sebagai vaksinator di DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya,” tutur Arif.

Arif menekankan, melalui sejumlah program yang dilakukan mahasiswa FK banyak dukungan dari berbagai pihak.

“Selain itu,¬†dengan memberikan kontribusi ini, mahasiswa bukan hanya bisa protes tapi juga mengambil perannya sebagai seorang pemuda dan memberikan kontribusi nyata untuk negerinya,” tutup Arif.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/13/081149071/kontribusi-mahasiswa-fk-di-indonesia-selama-pandemi-covid-19?page=all#page2

Share